Fitra: Ke Mana Bunga Dana Abadi Pendidikan

Written By bopuluh on Rabu, 02 Januari 2013 | 17.02

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggaran tentang Dana Pengembangan Pendidikan Nasional atau dana abadi pendidikan dipertanyakan. Pasalnya, penggunaan bunga bank dari dana tersebut dinilai tidak transparan.

Kordinator Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Uchok Sky Khadafi mengatakan, sejak 2010 pemerintah telah mengalokasi Dana Pengembangan Pendidikan Nasional hingga Rp 15,6 triliun. Namun, kata dia, tak pernah dilaporkan besaran bunga dari dana tersebut.

"Berapa bunganya setiap tahun bertambah terus? Kok belum dilaporkan kepada DPR? Kalau begitu siapa yang memakan bunga dari dana abadi pendidikan ini?," kata Uchok dalam siaran persnya, Kamis (3/1/2013).

Menurut Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kata Uchok, bunga anggaran dana abadi pendidikan dipakai untuk beasiswa S-2 dan S-3 bagi non PNS dan dosen, penelitian skala nasional, dan pembangunan infrasuktur pendidikan bencana.

Jika benar, kata dia, realisasikan program itu dilaksanakan dengan cara di luar mekanisme APBN lantaran tanpa sepengetahuan atau persetujuan pihak DPR. "Hal ini cenderung terjadi korup bila tidak ada pembahasan atau persetujuan dari Komisi Pendidikan DPR," kata Uchok.

Apalagi, tambah Uchok, akan terjadi double anggaran lantaran Ditjen Pendidikan Tinggi sudah mengalokasi anggaran untuk beasiswa S-2 dan S-3 sebesar Rp 1,4 triliun untuk tahun 2011 dan Rp 2 triliun tahun 2013.

Adapun alokasi anggaran untuk penelitian skala nasional, kata Uchok, Ditjen Pendidikan Tinggi sudah mengalokasikan sebesar Rp 581 ,5 miliar untuk tahun 2011, Rp 298,5 milyar tahun 2012 , dan Rp 508 ,2 miliar tahun 2013 .

Untuk itu, Uchok mengatakan, pihaknya berharap Komisi Pendidikan DPR meminta Badan Pemeriksa Keuangan untuk melakukan audit terhadap dana abadi pendidikan karena disinyalir ada indikasi kebocoran anggaran atas bunga bank. Komisi Pemberantasan Korupsi juga diharapkan melakukan penyelidikan.


Anda sedang membaca artikel tentang

Fitra: Ke Mana Bunga Dana Abadi Pendidikan

Dengan url

http://chooseacolorfengshui.blogspot.com/2013/01/fitra-ke-mana-bunga-dana-abadi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Fitra: Ke Mana Bunga Dana Abadi Pendidikan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Fitra: Ke Mana Bunga Dana Abadi Pendidikan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger