Polisi Didesak Usut Plat Tucuxi Dahlan

Written By bopuluh on Minggu, 06 Januari 2013 | 17.02

Polisi Didesak Usut Plat Tucuxi Dahlan

Penulis : Sandro Gatra | Senin, 7 Januari 2013 | 07:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian didesak mengusut tuntas kasus dugaan pemalsuan plat nomor "DI 19" yang dipasang di mobil listrik Tucuxi milik Menteri BUMN Dahlan Iskan. Kepolisian harus menerapkan prinsip persamaan di mata hukum.

"Kalau menteri bersalah harus diperberat hukumannya karena dia seharusnya menjadi panutan masyarakat soal kepatuhan terhadap hukum," kata anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari ketika dihubungi, Senin ( 7/1/2013 ).

Sebelumnya, mobil listrik "Ferrari" Tucuxi mengalami kecelakaan saat dikendarai Dahlan Iskan di Plaosan, Magetan, Jawa Timur, Sabtu. Sistem rem mobil itu diduga tidak berfungsi normal. Dahlan Iskan selamat dalam kecelakaan itu. Namun, mobil berwarna merah seharga Rp 1,5 miliar itu rusak berat karena menabrak tebing.

Ternyata, Kepolisian tidak memberikan pelat nomor untuk mobil tersebut, karena mobil Tucuxi belum memiliki sertifikat uji tipe. Indonesia juga tidak memiliki kode wilayah "DI" untuk pelat nomor kendaraan bermotor.

Eva menilai tindakan Dahlan mengendarai mobil Tucuxi di jalan raya merupakan masalah yang serius. Selain karena diduga menggunakan plat palsu, Dahlan juga telah membahayakan orang banyak.

Ketua Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat I Gede Pasek Suardika juga menilai tindakan Dahlan membahayakan orang lain. Dahlan seharusnya patuh kepada aturan yang sudah ada dan fokus kepada tugasnya seperti instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Pak Dahlan tidak sibuk dengan aktivitas kesendiriannya. Saya percaya beliau memang punya energi berlebih dalam berkiprah. Tapi tentu akan maksimal jika fokus pada tanggungjawabnya dan bukan sibuk melakukan terobosan yang di dalamnya sarat dengan contoh tidak baik," kata Pasek.

Editor :

Egidius Patnistik


Anda sedang membaca artikel tentang

Polisi Didesak Usut Plat Tucuxi Dahlan

Dengan url

http://chooseacolorfengshui.blogspot.com/2013/01/polisi-didesak-usut-plat-tucuxi-dahlan.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Polisi Didesak Usut Plat Tucuxi Dahlan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Polisi Didesak Usut Plat Tucuxi Dahlan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger