Kemenkeu Ingin Kelola Sebagian Kas Negara

Written By bopuluh on Rabu, 20 Februari 2013 | 17.02

KOMPAS.com - Pemerintah ingin mengelola kas negara. Dana pemerintah yang selama ini ditempatkan di Bank Indonesia (BI), sebagian akan ditempatkan dalam berbagai portofolio.

Untuk itu, Kementerian Keuangan akan membangun treasury dealing room, yang diperkirakan beroperasi bulan September ini. Persiapan sudah dilakukan berupa infrastruktur dan sumber daya manusia.

Rudy Widodo, Direktur Pengelolaan Kas Negara Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan mengemukakan, salah satu pertimbangannya, jumlah kas negara dalam satu waktu tertentu mencapai ratusan triliun rupiah.

"Selama ini, uang kas negara ada di BI. Kementerian Keuangan memperoleh remunerasi dari situ. Ibaratnya, kalau di perbankan, kami mendapatkan bunga," kata Rudy di New York, Amerika Serikat, akhir pekan lalu.

Oleh karena itu, jika treasury dealing room dibentuk dan beroperasi, Kementerian Keuangan akan bicara lebih dulu dengan BI. Pembicaraan itu mencakup koordinasi dengan BI, yang berperan dalam stabilisasi moneter.

Kemenkeu perlu saran dari BI, misalnya jumlah yang tepat agar tak mengganggu pasar.

"Orang-orang yang ditempatkan di treasury dealing room sudah ada. Masih harus magang dulu di bank untuk menjalankan fungsi dan tugas treasury dealing ini," ujar Rudy.

Rudy menjelaskan, kas negara yang dikelola Kemenkeu melalui treasury dealing room ini akan ditempatkan pada portofolio pasar keuangan. Antara lain di pasar uang, pasar obligasi, serta repo dan reverse repo.

Untuk portofolio pasar uang, risiko dikendalikan dengan cara membatasi lelang pada kelompok bank tertentu. Adapun untuk pasar obligasi, khusus secondary market obligasi negara.

Kepala Grup Hubungan Masyarakat Bank Indonesia Difi Ahmad Johansyah menyatakan, rencana pembukaan treasury dealing room tersebut harus mengacu pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara. Dalam UU itu disebutkan, pemerintah hanya dapat membuka rekening kas umum dan negara di Bank Sentral dan dapat membuka rekening pembukaan serta pengeluaran di bank umum.

BI belum tahu secara persis langkah Kemenkeu yang akan membuat perdagangan portofolio sendiri. Apalagi jika menyangkut perdagangan valas dengan rupiah.(Dewi Indriastuti, dari New York, Amerika Serikat)

Editor :

Erlangga Djumena


Anda sedang membaca artikel tentang

Kemenkeu Ingin Kelola Sebagian Kas Negara

Dengan url

http://chooseacolorfengshui.blogspot.com/2013/02/kemenkeu-ingin-kelola-sebagian-kas.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kemenkeu Ingin Kelola Sebagian Kas Negara

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kemenkeu Ingin Kelola Sebagian Kas Negara

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger