Kasus DBD di Jakarta Meningkat

Written By bopuluh on Jumat, 26 Juli 2013 | 18.02


Kompas.com - Jumlah kasus demam berdarah dengue di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta menunjukkan tren peningkatan sebanyak 14 persen pada semester pertama tahun 2013.

Perubahan iklim sehingga hampir sepanjang tahun selalu hujan menjadi salah satu penyebab peningkatan tersebut.

Selain itu, kewaspadaan masyarakat terhadap penyakit DBD juga menurun. "Mungkin karena pada tahun 2011 dan 2012 kasusnya sempat turun," kata Kepala Seksi Wabah dan Surveilans Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia, di Jakarta (26/7).

Tingginya curah hujan menyebabkan genangan air mudah ditemukan, padahal tempat itu bisa menjadi sarang nyamuk. Hujan juga membuat kondisi lingkungan menjadi lebih lembab sehingga cocok untuk nyamuk berkembang biak.

"Di lain pihak pertumbuhan penduduk yang terus meningkat mengakibatkan lebih banyak lagi orang yang terinfeksi," katanya.

Sampai saat ini pemberantasan sarang nyamuk masih menjadi cara yang paling efektif untuk mencegah DBD. Pemberantasan tidak hanya dilakukan di rumah, tapi juga sekolah, kantor, sampai tempat ibadah.

Gejala penyakit DBD yang perlu diwaspadai adalah demam tinggi, sakit kepala, dan nyeri otot.

"DBD adalah penyakit lingkungan. Kalau lingkungannya bersih, nyamuk tidak ada tempat berkembangbiak. Sehingga masyarakat aman dari DBD," kata Direktur Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Kemenkes, Dr.Andi Muhadir.


Anda sedang membaca artikel tentang

Kasus DBD di Jakarta Meningkat

Dengan url

http://chooseacolorfengshui.blogspot.com/2013/07/kasus-dbd-di-jakarta-meningkat.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Kasus DBD di Jakarta Meningkat

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Kasus DBD di Jakarta Meningkat

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger