Menteri Suswono akan Bersaksi di Sidang Luthfi Hasan

Written By bopuluh on Rabu, 02 Oktober 2013 | 18.03

JAKARTA, KOMPAS.com - Sidang lanjutan kasus dugaan suap pengaturan kuota impor daging sapi dan pencucian uang dengan terdakwa Luthfi Hasan Ishaaq akan kembali digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Kamis (3/10/2013). Agendanya, pemeriksaan saksi. Di antara para saksi yang akan dihadirkan adalah Menteri Pertanian Suswono.

"Saksi-saksi untuk sidang Luthfi besok, yaitu Baran Wirawan, Soewarso, Suswono, Ahmad Rozi, Ahmad Zaky, dan Denni P Adiningrat," ujar kuasa hukum Luthfi, Muhammad Assegaf saat dikonfirmasi, Rabu (2/10/2013). Sidang Luthfi sempat lama tertunda karena terdakwa menderita sakit ambeien dan menjalani operasi di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.

KPK sebelumnya membantarkan penahanan Luthfi agar masa perawatannya di rumah sakit tidak mengurangi masa penahanannya. Setelah menjalani operasi dan dinyatakan sehat, Luthfi telah kembali mendekam di Rutan Guntur, Jakarta.

Dalam kasus ini Suswono disebut pernah mengikuti beberapa kali pertemuan dengan Luthfi dan teman dekatnya Ahmad Fathanah. Pertemuan itu di antaranya di Takalar, Sulawesi Selatan yang juga dihadiri Presiden Partai Keadilan Sejahtera Anis Matta.

Pertemuan lain yang juga diduga dihadiri Suswono berlangsung di Hotel Aryaduta, Medan Sumatera Utara pada 11 Januari 2013. Dalam pertemuan itu, hadir Luthfi dan Direktur Utama PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman.

Sebelumnya, Suswono pernah pula bersaksi untuk Fathanah. Untuk pertemuan di Medan, menurut Suswono, Maria hanya menyampaikan mengenai krisis daging sapi 2012.

Luthfi, mantan Presiden PKS, didakwa melakukan tindak pidana korupsi dan pencucian uang terkait rekomendasi kuota impor daging sapi kepada Kementerian Pertanian. Dia dan Ahmad Fathanah diduga menerima uang dari PT Indoguna Utama senilai Rp 1,3 miliar.

Selaku anggota DPR sekaligus Presiden PKS, Luthfi didakwa memengaruhi pejabat Kementerian Pertanian agar menerbitkan rekomendasi kuota impor 8.000 ton untuk PT Indoguna Utama. Luthfi juga didakwa menyamarkan harta kekayaannya yang berasal dari hasil tindak pidana korupsi.

Editor : Palupi Annisa Auliani


Anda sedang membaca artikel tentang

Menteri Suswono akan Bersaksi di Sidang Luthfi Hasan

Dengan url

http://chooseacolorfengshui.blogspot.com/2013/10/menteri-suswono-akan-bersaksi-di-sidang.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Menteri Suswono akan Bersaksi di Sidang Luthfi Hasan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Menteri Suswono akan Bersaksi di Sidang Luthfi Hasan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger