Harga Minyak Naik, Pemerintah Waspada

Written By bopuluh on Rabu, 13 Februari 2013 | 17.02

Harga Minyak Naik, Pemerintah Waspada

Penulis : Didik Purwanto | Kamis, 14 Februari 2013 | 07:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mewaspadai harga minyak mentah dunia yang cenderung naik. Ini dikhawatirkan akan mengganggu neraca perdagangan.

Wakil Menteri Keuangan Mahendra Siregar menjelaskan pemerintah akan terus mencermati khususnya dampak ke belanja pemerintah dan pada indikator makro.

"Namun sejauh ini harga minyak mentah Indonesia (ICP) belum sampai harus merubah asumsi makro. Memang ICP tinggi ini harus diwaspadai dampaknya ke neraca pembayaran, neraca perdagangan dan APBN," kata Mahendra saat ditemui di kantor Kementerian Perekonomian Rabu malam (13/2/2013).

Menurut Mahendra, hingga saat ini pihaknya belum melihat konteks untuk bisa merubah asumsi makro. Sebab, untuk bisa merubah asumsi makro ekonomi tidak hanya berdasar gejolak harga minyak mentah dunia saja, tapi juga harus berdasarkan perekonomian global.

Pada perdagangan Rabu waktu New York, kontrak utama New York, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Maret, menetap di 97,01 dollar AS per barel, turun 50 sen dari penutupan Selasa. Sedangkan dalam perdagangan di London, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Maret naik enam sen menjadi berakhir pada 118,72 dolar AS per barel, mencetak keuntungan di tengah meningkatnya pasar saham Eropa.

Adapun harga ICP masih bertengger di kisaran 97 dollar AS per barel. Menteri Keuangan Agus Martowardojo memprediksikan harga minyak nasional (ICP) selama 2013 akan bergerak di 100-109 dollar AS per barel. Perkiraan pergerakan ICP tersebut dikarenakan antisipasi terhadap gejolak minyak.

Adapun dua hal penting yang perlu menjadi perhatian adalah gejolak minyak karena faktor iklim dan geopolitik di Afrika dan Timur Tengah.

Editor :

Erlangga Djumena


Anda sedang membaca artikel tentang

Harga Minyak Naik, Pemerintah Waspada

Dengan url

http://chooseacolorfengshui.blogspot.com/2013/02/harga-minyak-naik-pemerintah-waspada.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Harga Minyak Naik, Pemerintah Waspada

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Harga Minyak Naik, Pemerintah Waspada

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger